NAMA ANDRIAWAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS KELAS A…

NAMA : ANDRIAWAN
PROGRAM STUDI : MANAJEMEN BISNIS
KELAS : A
NIM : 1102182

PENGERTIAN BAHASA

secara umum dapat difenisikan sebagai lambang. Pengertian lain dari bahasa adalah alat komunikasi yang berupa sistem lambang yang dihasilkan oleh alat ucap pada manusia.
Perlu kita ketahui bahwa bahasa terdiri dari kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing mempunyai makna, yaitu, hubungan abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek atau konsep yang diwakili Kumpulan kata atau kosa kata itu oleh ahli bahasa disusun secara alfabetis, atau menurut urutan abjad, disertai dengan penjelasan artinya dan kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus atau leksikon.
Pada waktu kita berbicara atau menulis, kata-kata yang kita ucapkan atau kita tulis tidak tersusun begitu saja, melainkan mengikuti aturan yang ada. Untuk mengungkapkan gagasan, pikiran atau perasaan, kita harus memilih kata-kata yang tepat dan menyusun kata-kata itu sesuai dengan aturan bahasa. Seperangkat aturan yang mendasari pemakaian bahasa, atau yang kita gunakan sebagai pedoman berbahasa inilah yang disebut Tata bahasa.

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
Pendapat di atas mirip dengan apa yang diungkapkan oleh Tarigan (1989:4), beliau memberikan dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.
Menurut Santoso (1990:1), bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.
Definisi lain, Bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan (lenguage may be form and not matter) atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Mackey (1986:12).Menurut Wibowo (2001:3),
PENGERTIAN BAHASA INDONESIA
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi
Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyakragam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu dari ratusan bahasa lainnya yang ada di NKRI serta menjadi alat pemersatu di Nusantara .
FUNGSI BAHASA INDONESIA DI MASYARAKAT INDONESIA
1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama warga Indonesia
2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama warga Indonesia
3. Alat untuk mengidentifikasi diri.

KESIMPULAN
kesimpulan yang bisa saya ambil dari materi diatas , bahwa ;
1. Bahasa merupakan sesuatu yang penting dalam segi hal apapun di dunia ini .
2. Bahasa merupakan lambang dari alat ucap manusia yang diidentifikasikan berupa alat multi komunikasi yang berupa beberapa kata atau kalimat , baik itu diucapkan secara lisan maupun non lisan .
3. Bahasa digunakan oleh setiap manusia , meskipun setiap kumpulan individu tertentu berbeda suku ataupun daerah , mereka memiliki cara khas ataupun gaya tersendiri dalam berkomunikasi ataupun mempunyai bahasa mereka sendiri.
4. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berasal dari bahasa melayu , yang merupakan bahasa ibu dari ratusan bahasa lainnya yang ada di Indonesia , yang di resmikan secara formal sehari setelah Proklamasi Kemerdeaan Indonesia , tanggal 18 Agustus 1945 .
5. Fungsi bahasa Indonesia di dalam masyarakat Indonesia , yaitu;
a. Sebagai identitas , bahwasanya setiap warga Indonesia dimanapun ia berada , wajib mengucapkan , mengerti ataupun memahami bahasa Indonesia ! atau seminimalnya mengetahui dan mengenal bahasa Indonesia .
b. Sebagai alat berkomunikasi sesama warga Indonesia dimanaun ia berada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s